BAHAN:

  • 2,5 buah tahu putih ukuran besar (tahu yg ukurannya 15 x 15 cm), haluskan
  • 5 siung bawang putih ukuran besar
  • 1 sdt ketumbar
  • 6 buah cabe rawit
  • garam secukupnya
  • 4 sdm kelapa muda parut (atau sesuai selera)
  • 1 butir telur ayam

CARA:
  • bawang putih, ketumbar, cabe dan garam dihaluskan (diuleg, cara jawanya)
  • kocok telur dalam wadah yg cukup besar, yg cukup untuk mencampur adonan
  • masukkan tahu, kelapa parut dan bumbu halus ke dalam wadah tadi, campur sampai rata
  • buat adonan menjadi bola-bola seperti bakso atau bulat pipih atau sesuai selera anda :D
  • goreng dengan minyak yg banyak (deep fried) sampai berwarna kecoklatan
  • hidangkan sebagai lauk atau sebagai cemilan
  • selamat mencoba!! ;)

*fyi, bahan-bahan yg tertera di sini berdasarkan praktek memasak yg saya lakukan :D




::notes::
kali ini resep masakan ini saya peroleh dari ibu saya (best of the best chef in da universe ^__^). praktek masaknya baru tadi pagi. fyi, saya ngepost postingan yg ini jam 17.00 WIB.

resep ini konon adalah adaptasi resep dr nenek saya (yang melahirkan bapak saya). sama ibu saya sedikit di-"sempurnakan" supaya terasa lebih nikmat. nama makanan ini, "mendhol tahu" yg saya tahu hanya disebut di daerah Jombang. tp ga tau lg di daerah lain disebut apa. pertama kali saya mengenal makanan ini adalah ketika saya masih kecil, jaman-jamannya masih sering dititipin di rumah nenek dr bapak saya. karena waktu itu kedua orang tua saya bekerja, sedangkan di rumah tidak ada pembantu. jadinya di rumah nenek saya kerap menemani nenek memasak di dapur (menemani, bukan membantu. karena memang gak diperbolehkan :D). saya jd tahu makanan-makanan yg tidak biasa dimasak oleh ibu saya, karena ibu saya cara mengolah makanannya lebih ke arah "kulonan".


HAPPY COOKING!!!




Comments (2)

On 20 Juni 2010 pukul 10.31 , hedwig31 mengatakan...

*sluuuuurrrp..*
menggiurkan sekali mbak...

aku suka ikannya...
tak kasi makan yg banyak...
hahahahaha...

 
On 20 Juni 2010 pukul 16.00 , nindiaista mengatakan...

Tenkyuuu gepe..itu ikannya uda 1 thn lebih usianya.tp ga gede2 masio dikasi makan teyus.hahaha

 

your identity

IP

hit counter

web counter